Sekilas Profile Kapolri Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo

MediaSuaraMabes, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. ( Pria kelahiran  Ambon, Maluku, 5 Mei 1969; umur 52 tahun) adalah seorang perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) sejak tanggal 27 Januari 2021, menggantikan Jenderal Idham Azis. Beliau adalah Kapolri non- Muslim kedua dalam sejarah di Indonesia, setelah mantan Kaporli periode  1974- 1978 Jenderal Polisi (purn) Widodo Budidarmo yang juga beragama Kristen Protestan.

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo lulusan Akademi Polisi (Akpol) Angkatan (1991) yang beristrikan Juliati Sapta Dewi Magdalena.

Dalam perjalanan dinas militer kepolisian, dalam meniti kariernya sangat cemerlang, sebelumnya puncak kariernya menjadi Kapolri sejak 27 Januari 2021, diawali dengan keberhasilannya saat menjabat sebagai Kapolda Banten pada periode 5 Oktober 2016 s/d 13 Agustus 2018. Selanjutnya diangkat menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Kadiv Propam) Mabes Polri masa jabatan periode 13 Agustus 2018 s/d 6 Desember 2019.

Kemudian kariernya terus semakin menanjak diangkat menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ( Kabareskrim ) Mabes Polri yang ke 21 dengan masa jabatan periode 6 Desember 2019 s/d 27 Januari 2021 dan puncak dari kariernya yang cemerlang di Kepolisian Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo adalah  ketika diangkat Presiden RI Jokowi menjadi orang nomor satu di Jajaran Kepolisian Republik Indonesia yaitu menjabat sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis.

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo Menjadi Kapolri Termuda Indonesia.

Sosok Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo setelah dilantik Presiden RI Jokowi, Rabu (27/1/2021) beberapa waktu kebelakang lalu sempat menjadi sorotan publik pasalnya Presiden RI Jokowi telah mengumumkan sebagai calon tunggal Kapolri yang diajukan ke DPR RI, untuk melewati proses fit and propet test hingga pengesahan pengangkatan di rapat paripurna DPR,

Baca Juga :  Patroli K-9 Ditsamapta Polda Kalbar di Perbatasan Malaysia - Indonesia Aruk Sambas

Sehingga akhirnya Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri baru yang  telah memecahkan rekor Kapolri termuda di Indonesia, yang sebelumnya, rekor Kapolri termuda tersebut dipegang oleh mantan Kapolri Jenderal pol (purn) Tito Karnavian yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Comment