Sekilas Profil Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

MediaSuaraMabes, Jakarta – Marsekal TNI Hadi Tjahjanto  Pria kelahiran Malang, 8 November 1963 itu yang merupakan anak pertama dari Pasangan Bambang Sudarto, dan Nur Saadah, 73. Kini beliau telah menikmati kariernya yang cemerlang, karena telah berhasil menapaki puncak karirnya  yang tertinggi di jajaran Militer, saat ini sedang menjabat sebagai Panglima TNI.

Perlu diketahui bahwa Marsekal TNI Hadi Tjahjianto menjadi calon tunggal Panglima TNI setelah Presiden RI Joko Widodo menyerahkan namanya ke DPR. Yang memang telah diplot untuk menggantikan Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang segera memasuki masa pensiun.

Diketahui Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memulai karir sebagai pilot TNI AU di Skuadron 4, Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh, Malang. Selanjutnya Beliau sejak 18 Januari 2017 silam pernah menjabat Kepala Staf Angkatan Udara atau KSAU.

Sebelumnya, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengenyam pendidikan militer tahun 1986 di Akademi Angkatan Udara. Kemudian masuk sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara di tahun 1987.

Bisa disebut beliau lebih lama berada di Skuadron 4 berlokasi di Malang. Ia juga sempat menjabat sebagai Komandan Flight Ops A Flightlat Skuadron Udara 32 Wing 2.

Pada tahun 2010, Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Komandan Lanud Adi Sumarno di Solo Jawa Tengah hingga tahun 2011.

Kemudian pada tahun 2013, beliau diangkat menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara hingga tahun 2015. Namun setelah itu, beliau kembali ke Lanud Abdurachman Saleh Malang dan menjabat sebagai kepala Komandan Lanud Abdurachman Saleh.

Tidak lama, di tahun 2015 juga beliau sempat menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden hingga tahun 2016. Sebelum menjabat sebagai KSAU, beliau juga menjabat Irjen Kementerian Pertahanan RI pada hingga tahun 2017.

Begitu juga Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama sang istri, Nanik Istumawati, sukses dalam membina Keluarga sebagai Kepala keluarga tentunya sangat harmonis, saat di rumah, Itulah yang dicontohkan oleh Pasangan suami istri (Pasutri) berpangkat Jenderal bintang empat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang kini menjabat sebagai Panglima TNI.

Baca Juga :  Kunker Korwil ID Barat 1 dalam Peningkatan Kinerja MSM Aceh

Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Pendiam Yang Sangat Patuh Pada Ibundanya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,

Itu merupakan anak pertama dari Bambang Sudarto, dan Nur Saadah, dan keempat adiknya, yakni Artiningsih Tjahjanti, Budi Tjahjono, Wahyu Tjahjadi, dan Eni Tjahjani, dididik dalam keluarga prajurit TNI AU yang sederhana. Bapak Bambang Ayahandanya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, merupakan salah satu dari 100 prajurit TNI AU yang mengikuti proyek Pancar Gas (Pagas) pada 1961.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dikenal sangat pendiam yang sangat patuh pada Ibundanya Nur Saadah dan Bambang Sudarto adalah Ayahnya. Dalam usianya yang sudah menginjak 83 tahun, bersikap ramah,  perawakannya masih tampak tegap. Suaranya tegas. Tampak jelas sisa ketangguhannya sebagai prajurit Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI/TNI AU).

Comment