Profile Mantan Panglima TNI Laksamana (Purn) TNI Widodo AS : Nahkoda di Antara Tiga Presiden RI, Puncak Karier Militernya Sangat Cemerlang

MediaSuaraMabes, Jakarta – Mantan Panglima TNI Laksamana TNI (Purn) Widodo Adi Sutjipto biasa disapa Widodo A.S (usianya 77)  Kelahiran 1 Agustus 1944 di Boyolali Jawa Tengah pada massa pendudukkan Jepang.

Laksamana TNI (Purn) Widodo A.S suami dari Sri Murniati, SE ini adalah perwira tentara Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Sebelumnya ia menjabat sebagai Menkopolhukam sejak 21 Oktober 2004 hingga 22 Oktober 2009. Ia juga mantan tokoh militer Tentara Nasional Indonesia, Angkatan Laut.

Riwayat Karier  Laksamana Widodo A.S pada masa Dinas Militernya sangat cemerlang sejak tahun 1968 hingga 2002, Yakni setelah Ia menyelesaikan Sekolah Atasnya di SMAN 1 Surakarta dan Lulus dari Akademi Angkatan Laut pada tahun 1968,

Kemudian Widodo A.S menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Laut, sebelum diangkat menjadi Wakil Panglima TNI oleh Presiden BJ Habibie tahun 1999, Selanjutnya diangkat menjadi Panglima TNI oleh Presiden Abdurrahman Wahid dari tanggal 26 Oktober 1999 hingga 7 Juni 2002 .

Laksamana TNI (purn) Widodo A.S  merupakan Panglima TNI pertama yang bukan berasal dari kesatuan Angkatan Darat dalam sejarah Indonesia.

Puncak Kariernya Laksamana TNI (purn) Widodo A.S sebagai menteri kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Sby).

Diawali menjabat Menteri Dalam Negeri (ad- interim) pada tahun 2007 kemudian menjabat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (ad- interim) dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan pada tahun 2009,

Kemudian diakhir pada puncak kariernya, Laksamana TNI (purn) Widodo A.S menjabat Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Pertahanan dan Keamanan dimasa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mantan Panglima TNI  Laksamana TNI (purn) Widodo A.S Yang Mengubah Paradigma Persoalan Keamanan Bangsa.

Widodo A.S adalah satu -satunya Laksamana TNI Angkatan Laut yang pertama menjabat Panglima TNI masa jabatan Tahun 1999- 2002, Lantaran kecemerlangan Mantan Panglima TNI Laksamana TNI (Purn) Widodo A.S menyelesaikan Konflik yang dipicu oleh perbedaan kepentingan antar kelompok kepentingan yang sangat mengemuka mengalahkan kepentingan bangsa dan negara.

Baca Juga :  Propam Polri Jamin Netralitas Polri Dalam Pemilu 2024

Maka dengan kepiawaianya sosok Laksamana TNI (Purn) Widodo A.S dapat menyatukan dan mempererat kembali rasa kebersamaan bangsa Indonesia sehingga dapat meredam krisis maupun konflik peŕsoalan bangsa dengan menenangkan dan mendamaikan setiap kelompok-kelompok yang bertikai.

Sedangkan Persoalan terkait Teroris, Luar biasa  langkah  Laksamana TNI (purn) Widodo A.S yang dapat mengubah paradigma bahwa aksi harus melekat dengan ummat Islam, Sesungguhnya Agama Islam itu adalah Agama yang menjunjung tinggi perdamaian dan keselamatan ummat manusia, tanpa membedakan ummat dari agama dan bangsa apapun.

“Agama Islam membawa missi sangat mulia yakni keselamatan bagi seluruh alam semesta, karena membangkitkan sentimen agama hanya membuat bangsa Indonesia ini akan terpuruk dan terpecah belah ” kata Laksamana TNI (purn) Widodo A.S.

Lebih lanjut Laksamana TNI (purn) Widodo A.S menegaskan Ummat beragama diminta untuk tidak terperdaya oleh informasi (Hoax) yang tidak jelas kebenarannya,” sebab kalau kita sebagai anak bangsa tidak hati-hati menyikapi informasi (Hoax) pada zaman sekarang ini, yang benar bisa jadi salah, yang salah bisa jadi benar,” pungkas Mantan Panglima TNI Laksamana TNI (purn) Widodo A.S

Comment