Season Of Creation (Bulan Penciptaan) 1 Oktober 2023

MediaSuaraMabes, Jakarta – Untuk menanggapi seruan Paus Fransiskus untuk peduli terhadap anugerah ciptaan Tuhan – mengapa tidak meluangkan waktu Anda pada tanggal 1 September untuk berjalan-jalan di taman setempat atau meluangkan waktu sejenak untuk bersyukur kepada Tuhan atas tumbuhnya bunga. di kebunmu?”

Dalam rangka menyambut bulan Penciptaan ( Season of Creation ) Oktober 2023 nanti yang bertema “Let Justice and Peace Flow” (Biarkan Keadilan dan Perdamaian mengalir) Laudato ‘Si Indonesia, Sektor Pendidikan mengajak unit – unit sekolah di setiap Kota, Kabupaten, Propinsi di setiap jenjang untuk ikut ambil bagian dengan satu dan lain cara.

Marilah kita mengambil bagian dalam usaha pemulihan bumi rumah tinggal kita bersama dengan melakukan hal kecil mulai sekarang dan saat ini, dan menggerakkan orang lain disekitar kita. Hal kecil yang dilakukan secara terus menerus oleh banyak orang akan memberi efek perubahan budaya dan gaya hidup terutama generasi muda.

Dalam rangka menyambut bulan Penciptaan ( Season of Creation ) 2023 dengan tema Let Justice and Peace Flow Laudato Si Sektor Pendidikan menawarkan berbagai kegiatan yg bisa di lakukan di kota masing masing dan Bersama sama secara Nasional. Antara lain

1) Lomba menggambar dengan tema ” lingkungan atau tema Season of Creation pada tahun ini : Let Justice and Peace Flow , atau Keadilan iklim untuk Generasi Muda.
2) Lomba Menanam benih yg berbuah dan merawat sampai berhasil. ( Bisa di lakukan dgn pot atau polybag, tanam pohon dll.
3) Bersih lingkungan sekolah, taman kota, alun alun kota.
4) Bersih pantai, Sungai, waduk dan sejenisnya.
5) Secara Nasional kita akan melakukan gerakan bersama ( jalan sehat, long march, orasi ) pada tgl 1 Oktober 2023 kampanye serentak dengan tema ” Keadilan Iklim untuk Generasi Muda” .

Baca Juga :  Pertunjukan Seni Budaya di Tangsel Diikuti Oleh Beberapa Sanggar Se-Jabodetabek

Agar kegiatan ini dapat terkoordinasi dan terdokumentasi dgn baik kami (Panitia-red) berharap bisa di komunikasikan dengan :
1. Sr Tati OSU ( 085811281799 )
2. Sr Vincentia HK ( 082112075704 )
3. Ibu Paula Ruliyati ( 081315418254 )
Terimakasih, besar harapan kami kegiatan ini mendapat tanggapan positif di Yayasan, unit unit sekolah yg Sr, ibu dan Bapak pimpin. Salam Laudato’Si.

Utk mendengarkan dan menanggapi bersama-sama seruan ciptaan. Kata Kardinal Mgr.Ignatius Haryono mengatakan : Keluarga diseluruh dunia bersatu utk berdoa, merawat dan melindungi rumah kita bersama. Perayaan dimulai 1 September hari doa sedunia hingga 4 okt 2023 pesta Santo Fransiskus Asisi pelindung ekologi.

Dunia yg kita kenal, kita nikmati, dan kita rayakan berubah dg cepat, sementara itu banyak hal yg memprihatinkan dan membutuhkan. Perhatian serius, keanekaragaman hayati menghilang pada tingkat yang sangat memprihatinkan. Harapan utk mencegah kenaikan suhu rata-rata menjadi 1,5 °C sulit tercapai.

Industrialisasi, kolonisasi dan ekstraksi serta konsumsi sumber daya telah menciptakan kekayaan besar yang tidak terdistribusi secara tdk merata. Saat ini kita lebih sadar dari sebelunnya tentang hubungan antara bahan bakar fosil dengan kekerasan serta perang. Saat ini sudah mendesak.

Kita harus membuat perdamaian yg nyata dengan bumi dan dari bumi. Pada saat yang sama keadilan memanggil kita untuk pertobatan, perubahan sikap dan Tindakan.Bukan putus asa,Hararapan bisa tercipta jika kita bisa bekerja sama dengan umat Tuhan. (Yesaya 43:19) Tutup Kardinal Mgr. Ignatius Haryono Uskup Agung Jakarta. (Ring-o)

Comment