Peringatan HKN Ke-59, Momentum Transformasi Kesehatan

MediaSuaraMabes, Beltim – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar apel dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang mengangkat tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” di halaman Kantor Bupati Beltim, Jumat (17/11).

Bupati Beltim Burhanudin selaku inspektur upacara dalam sambutan Menteri Kesehatan Budi G Sadikin menyampaikan ada enam pilar transformasi kesehatan yang bisa ditegakkan untuk perubahan sistem kesehatan Indonesia.

Enam pilar tersebut yakni Pertama, transformasi layanan primer dengan memberikan akses layanan kesehatan dasar kepada seluruh masyarakat. Kedua, transformasi layanan rujukan, dari akses layanan kesehatan yang susah menjadi mudah. Ketiga, transformasi sistem ketahanan kesehatan.

Keempat, transformasi pembiayaan kesehatan, dari pembiayaan yang tidak efisien menjadi pembiayaan yang transparan dan efektif. Kelima, transformasi SDM kesehatan, dari tenaga kesehatan yang kurang dari sisi jumlah, menjadi cukup dan merata. Keenam, transformasi teknologi kesehatan, dari sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi, dari teknologi kesehatan yang tertinggal menjadi terdepan.

“Pemerintah tidak mampu melakukannya sendiri. Hanya sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat enam pilar transformasi kesehatan bisa kita tegakkan untuk perubahan yang lebih baik,” kata Bupati Burhanudin yang akrab disapa Aan.

Ditambahkannya, transformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju. Transformasi kesehatan harus menjangkau seluruh pelosok negeri termasuk daerah terpencil, tertinggal, di perbatasan maupun di kepulauan.

Dalam sambutannya pemerintah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada insan kesehatan yang berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia.

“Saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita,” papar Aan. (Ramli).

Baca Juga :  Pengurus Permas Papatar Pusat Adakan Diskusi & Rapat Kecil

Comment