Inspirasi Anak Pesisir “Kidoel Omah” Corner

MediaSuaraMabes, Pacitan – Kawasan pantai Pacitan merupakan tempat yang strategis untuk “refresh area” ujar salah satu pengunjung wisata.Selain Pantai Pacitan yang indah,pantai Pacitan memang menjadi alternatif untuk kawasan wisata alam.

Tentu saja hal ini menjadi suatu gagasan usaha baru bagi pelaku UMKM dan usaha kuliner,untuk dijadikan area usaha yang potensial.

Hal ini menginspirasi sekelompok pemuda area pantai, untuk membuka usaha kecil yang berbasis kuliner.Perjuangan yang dilakukan memang tidak mudah,mereka harus membuka usaha di area pantai dengan fasilitas yang terbatas,tanpa kenal putus asa mereka berusaha menciptakan suatu kegiatan dengan keterbatasan fasilitas.

Ketika jurnalis MSM berkunjung dan melakukan wawancara,apa yang menjadi motivasi dari usaha kuliner “KIDOEL OMAH” jawaban yang kami terima sangat mengejutkan,Motifasi dari usaha kuliner ini, “RASA PEDULI PADA KAWASAN PANTAI..!” ujar Rizky Adi Saputra dan Tri Handoko sebagai penggagas awal usaha.

Kepedulian terhadap lingkungan sekitar pantai yang dimaksud adalah kepedulian untuk ikut menjaga kebersihan dan ikut melestarikan tanaman pelindung di area pantai.

Hal ini mereka aplikasikan dalam bentuk bakti membersihkan area bibir pantai rutin satu bulan dua kali. Melihat situasinya pak, suatu misal memang kita lihat area pantai banyak sampah, yang terbawa ombak ya kita langsung bersihkan,jadi tidak harus dua kali dalam satu bulan” papar Putra.

Prospek usaha kuliner sangat potensial, hal ini terlihat dari jumlah pengunjung yang luar biasa. Rata rata pengunjung akan mencapai titik puncak, ketika pengunjung bisa menikmati suasana pantai saat matahari tenggelam.

Rata rata pengunjung dari kaum muda mudi,yang lebih up date disebut “Gen Z”

Dari segi legalitas usaha yang di lakukan “KIDOEL OMAH” sudah melakukan koordinasi dengan fihak terkait,Dinas Pariwisata Kab.Pacitan.

Baca Juga :  Kantor Hukum Dachi dan Rekan Undang Santri Adakan Pengajian Bulanan

Inovasi dan gagasan suatu usaha dari kelompok usaha kuliner muda ini patut kita apresiasi,karena bukan hal yang tidak mungkin mereka akan menginspirasi pengusaha pengusaha muda yang lain.
Tentu saja mereka juga dukungan dari fihak terkait.

“Walaupun kecil tapi usaha milik sendiri…” Ujar putra dan Tri hampir serempak. Pacitan/18/2024

Comment