Ormas Di Belitung Timur Gelar MUBES I, Bentuk Seketeriat Bersama

MediaSuaraMabes, Beltim – Sebanyak 20 Organisasi Masyarakat di Belitung Timur berkumpul menyamakan persepsi dan tujuan dalam acara Musyawarah Besar yang dilakukan di meeting Room hotel Oasis Manggar pada tanggal 21 Februari 2024. Dalam pembukaan Mubes I tersebut dihadiri oleh Unsur Forkominda Beltim yang terdiri dari Bupati Belitung Timur, Ketua DPRD Beltim, Kejaksaan Negeri Beltim, dan beberapa OPD terkait Kepala Badan Kesbangpol, Dinas LIngkungan Hidup dan Kepala KPHP Guneng Duren. Acara Mubes di buka langsung oleh Bupati Belitung Timur.

Rudi Ariyadi yang biasa di sapa Rudi Mudong sebagai koordinator SC dalam sambutannya mengatakan dibentuknya Sekber Ormas ini dalam rangka mendorong pemberdayaan Ormas dalam aspek sejarah, rekam jejak, peran dan integritas ormas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut dalam rangka meningkatkan optimistis dalam pencapaian tujuan dan fungsi ormas sesuai aturan perundang-undangan, kawan-kawan ormas sepakat untuk membentuk secretariat bersama sebagai bentuk komitmen dan untuk menyamakan persepsi serta arah perjuangan demi menjaga pembangunan daerah agar lebih terukur, terarah dan terlaksana yang tentunya demi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di kabupaten Belitung Timur,” ujar Rudi Mudong.

Sekber Ormas ini insyaallah akan berkomitmen untuk mendukung program dan kebijakan pemerintahan daerah dan akan menjaga situasi aman dan kondusif dengan mengkedepankan prinsip saling komunikasi dan transparansi antar pemangku kepentingan,’ tandas Rudi Mudong.

Dalam sambutannya Bupati Beltim Timur mengatakan, kita harus melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD, berinovasi dalam menggali potensi daerah sebagai pembuktian kemampuan menangkap peluang yang ada, ” tutur Burhanudin.

Bupati juga menekankan, mari kita bersatu jika kita punya itikad baik daerah kita akan maju, jgn biarkan kekayaan Beltim dimanfaat oleh pihak lain, sebagai upaya pemerintah untuk masyarakat Beltim harus bersama sama mamajukan daerah, sehingga senantiasa mendorong dalam pemulihan ekonomi Belitung Timur, tutur Burhanudin (Aan)

Baca Juga :  Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Prabumulih Kembali Lakukan Vaksinasi

“Sebagai pelaksanaan, pemerintah pemberdayaan yang di dalamnya mengatur mengenai kebijakan Tingkat Komponen Dalam daerah, Ia mengatakan sektor industri menjadi penggerak perekonomian yang menjadikan Indonesia sebagai negara produsen bukan importir, sehingga dapat membuka kesempatan berusaha dan bekerja, serta memiliki daya kekuatan untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan ketahanan nasional.

“Saya mengajak untuk dapat berdoa bersama agar apa yang menjadi tujuan otonomi daerah sebagaimana filosofi pembentukannya dapat terwujud,” ujarnya.

Menurutnya, kunci utama untuk mencapai itu adalah terletak pada unsur sumber daya manusia terutama ASN yang berintegritas, profesional, kompeten dan dapat bekerja sama secara kolaboratif.

Mubes I dibuka, masing-masing unsur Forkominda memberikan sambutan yang intinya menyambut baik terbentuknya Sekretariat Bersama Ormas Beltim.

“Perwakilan Kejaksaan Belitung Timur Kasi Intel Yoyok dalam kesempatannya berharap, Parameter keberhasilan sebuah organisasi ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari faktor sumber daya manusia, sumber daya organisasi, sampai ketersediaan sumber daya lain yang berasal dari dalam maupun luar organisasi. Organisasi tumbuh dan berkembang sangat dipengaruhi oleh banyak hal.

Pengaruh internal maupun pengaruh eksternal. Mulai dari pengaruh positif maupun pengaruh negatif dari dalam dan luar lingkungan. Ini membutuhkan pikiran, waktu, tenaga, dan sumber kebutuhan organisasi lainnya. Seiring dengan berkembangnya organisasi menuju arah pertumbuhan, tentu memerlukan banyak kebutuhan untuk memajukan daerah. Semakin besar sebuah organisasi, semakin banyak pula tantangan dan masalah yang akan dihadapi, dengan ini kejaksaan juga membutuhkan peran serta kerjasama ormas, tetapi ini semua untuk kemajuan daerah kita bersama.”tutur Yoyok.

Dari 16 lembaga yang hadir tersebut Yaitu :

1. LAI – IWAN ARDUANSYAH
2. PAMPRI – SAHRUL SALIS
3. PERDAYA – NINING
4. LAKI – SURUADI WAHID / SUHARTONO
5. AMPK – ELVI HUTARIUS
6. BARETA – RUDIARZIANDI
7. ASTRA – SUBANDRI
8. FKPLH – SURO MAMPANG SIREGAR
9. TIPIKOR – SUJONO
10. BANGKIT BELITUNG TIMUR – SUSANDIARNO
11. ADPETI – RUDI MUDONG (Ariadi)
12. LMPI – ISMED
13. SMB – HASNANDI / DEDY
14. MASAT – SELAMED RIDAI
15. IPW – PAJRI
16. APRI – Rudi JW / AMINUR.

Baca Juga :  Bupati Langkat Ajak Warga Manfaatkan Swab PCR

Comment