Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 1209/Bengkayang Panen Raya Padi Di Wilayah Binaan

MediaSuaraMabes, Bengkayang – Kodim 1209/Bky, aktif mendukung program ketahanan pangan dan swasembada padi di wilayah binaannya,di Desa Cipta karya, Kec. Sungai Betung, Kab. Bengkayang.
Rabu (7/2/24).

Peran Babinsa bukan hanya dalam keamanan wilayah, tetapi juga dalam mendukung program-program pemerintah desa terkait ketahanan pangan. Mereka hadir untuk membantu petani dalam proses bercocok tanam dan panen, sebagai wujud kepedulian TNI AD, khususnya Koramil 01/Bky dalam mendukung program swasembada pangan pemerintah.

Kegiatan ubinan padi ini adalah salah satu metode untuk mengumpulkan informasi tentang produktivitas hasil padi per hektar. Dengan demikian, mereka dapat memprediksi jumlah produksi padi yang akan dihasilkan di lahan. Babinsa bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bengkayang dan pemangku kepentingan lainnya berkolaborasi untuk memberikan masukan kepada petani dalam penanaman padi berikutnya, sehingga mereka dapat mencapai hasil panen yang optimal sesuai dengan target produksi.

Lain kesempatan Dandim 1209/Bky, Letkol Inf Albertinus Mariano S.E menekankan bahwa pendampingan oleh Babinsa tidak hanya berhenti pada proses penanaman, tetapi berlangsung terus menerus, mulai dari masa tanam hingga panen. Dandim menyatakan kesiapannya untuk mendukung program swasembada pangan nasional dan lokal guna meningkatkan perekonomian dan ketersediaan logistik sesuai dengan kearifan lokal,tutup Dandim.

Danramil 01/Bky Kapten Inf Sijabat Binarto menyampaikan, panen raya ini memberikan bukti bahwa masyarakat Desa Cipta karya, Kec.Sungai Betung ini,umumnya tetap produktif di bidang pangan. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan pangan dan ketahanan pangan selama Th. 2024.

Sebelum panen raya dilaksanakan para undangan dan tamu yang hadir melaksanakan Rembug petani (Musyawarah) mengenai hal-hal menyangkut kemajuan hasil tani untuk ketahanan pangan Nasional.

Kegiatan seperti ini mencerminkan semangat gotong-royong dan kerja sama antara TNI dan masyarakat dalam mendukung program ketahanan pangan. Babinsa tetap berkomitmen untuk mendukung inisiatif ini demi kesejahteraan dan ketahanan pangan masyarakat,pungkas Danramil.

Baca Juga :  Persit Kodim 1202/Skw Gelar Posyandu untuk ibu hamil dan bayi sehat

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1209/Bky Diwakili Pasiter Kapten Inf Baharudin,Camat Sungai Betung di wakili Kasipem Bpk Eric S.pd,Kapolsek Sungai Betung diwakili Bhabinkamtibmas Bripka Supri,Kapuskes Sungai Betung diwakili Pengelola keuangan puskesmas Ibu Dwi kartika,Anggota DPRD Kab. Bengkayang Ibu Sarina S.pd,Kabid Tanaman dan Holtikultura Bpk Gede,Ka BPP Bpk Boni,Ka KUA Bpk Jar’an,Kapoktan karya bersama dan Anggota Poktan.
(Pendim 1209/Bky).

(Sahri Pribadi)

Comment