by

Wagubsu Tinjau Perkembangan Pembangunan Bendungan Lau Simei Mei di Kecamatan Biru Biru

-Daerah-174 views

SuaraMabes Deli Serdang – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah meninjau perkembangan proyek pembangunan bendungan Lau Semai Mai di Kecamatan Biru Biru Kabupaten Deli Serdang, Rabu (16/6/2021).

Kehadiran Gubsu sekaligus melakukan blasting atau penekanan tombol peledakan bahan material di lokasi yang didampingi oleh Muspika Kecamatan Biru Biru, Kapolsek Biru Iptu Cahyadi, Camat Biru Biru Dani Mulyawan dan Danramil 04/Biru Biru Kapten Arh Agus Wahyudi, serta perwakilan PT yang mengerjakan proyek bendungan Lau Semai Mai.

Dimana konstruksi bendungan yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan tahapan pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini mulai dikerjakan pada tahun 2017.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran bendungan memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, hingga pariwisata. Dengan demikian, bendungan ini dapat menumbuhkan ekonomi lokal.

Konstruksi bendungan ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung sektoor pertanian dan pemenuhan kebutuhan air baku di Sumatera Utara.

Tak hanya itu, pembangunan bendungan berkapasitas 28 juta meter kubik tersebut juga berpotensi memberikan manfaat untuk penyediaan air baku.

Selain itu, bendungan ini juga diharapkan mampu mengendalikan aliran air hulu Sungai Percut dan Sungai Deli untuk mengurangi risiko banjir sebagian wilayah Kota Medan dan Deli Serdang.

Selesai melakukan peninjauan dan blasting di lokasi bendungan, selanjutnya sekira pukul 17.30. WIB dilanjut dengan acara Tahlilan malam ke 2 Mertua Wagubsu. (edi)

Comment

News Feed