Suku Melayu Penduduk Asli di Kabupaten Langkat

MediaSuaraMabes, Langkat – Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH diwakili H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si Asisten Adm Ekbangsos hadiri acara Seremoni melayu dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten langkat ke-274 Tahun 2024.

Giat ini diselenggarakan oleh Dewan Syarikat Melayu Langkat bertempat di Gedung Paripurna DPRD Langkat, Sabtu 13 Januari 2023.

Asisten Adm Ekbangsos H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si, beliau juga merupakan Ketua Umum Dewan Syarikat Melayu Langkat.

Beliau menyampaikan kita di Kabupaten Langkat yang sebentar lagi pada tanggal 17 Januari 2024 akan melaksanakan hari ulang tahun.

Masyarakat Melayu di Kabupaten Langkat berjumlah±147.785 jiwa atau ±36.946 kepala keluarga atau 15,04 % dari ± 1,2 juta jiwa penduduk di Kabupaten Langkat.

Di tanah Melayu ini berbagai macam Etnis Budaya yang hidup rukun dan damai antar sesamanya yang tetap menghormati kearifan tatanan adat istiadat yang menjadi ke eratan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

“Etnis Melayu adalah tuan rumah suku asli yang menghuni dan mengembangkan daerah ini menjadi suatu daerah dibawah pemerintahan kesultanan Langkat yang kaya raya jauh sebelum Indonesia Merdeka dan disaat Indonesia Merdeka,” jelasnya.

“Bupati Pertama Langkat adalah Tengku Amir Hamzah yang menjadi Pahlawan Nasional. Kini beragam persoalan dihadapi bangsa Melayu dari persoalan globalisasi, digitalisasi dan tentu berbagai persoalan di daerah,” lanjutnya.

Laporan ketua Panitia Ilham Iskandar zeen “Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka menyambut peringatan hari jadi langkat ke 274.

Kami berharap kegiatan ini dapat di selenggarakan setiap tahunnya untuk menyambut hari jadi Langkat kedepannya.

Ini di selenggarakan untuk membangkitkan kembali spirit kesultanan di langkat, yang merupakan kesultanan tersohor dan tertua di Sumatra Timur pada masanya.

Baca Juga :  Ibu Ibu Komunitas Lagu Kenangan Sabtu 11 Juni 2022 di Alamayang Kota Pekanbaru Riau

“DSML Sebagai perwakilan masyarakat melayu melalui kebijakan di Kabupaten Langkat adalah sebuah lembaga berpikir yang akan mengawal kebijakan pembangunan berbasis kebudayaan,” sebutnya.

Tampak Hadir Sultan Langkat Azwar Abdul Jalil Rahmad Shah, Wakil Ketua Dewan Syarikat Melayu Langkat Drs. Rudi Kinandung,M.Si, Perwakilan Sultan Aceh Tamiang, Perwakilan Sultan Deli, Perwakilan Sultan Serdang Bedagai, Para Ketua organisasi Melayu Langkat, Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat. (Rtn)

Comment