Ritual Adat Basasoh (Mencuci Kawasan) Di Lokasi Wisata Batu Belimbing Nyarungkop, Singkawang Timur

MediaSuaraMabes, Singkawang Kalbar – Wisata Batu Belimbing yang terletak di Nyarungkop, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat punya panorama alam yang sangat indah dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang ada di kota Singkawang.

Wisata Batu Belimbing yang punya panorama alam yang sangat indah sudah tentu tidak terlepas dari hal-hal mistis dan tentunya ada aturan yang tidak boleh dilanggar, apalagi aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola wisata batu belimbing.

Untuk itulah acara ritual adat cuci kawasan (Basasoh) ini dilakukan, karena baru baru ini telah terjadi yang dimana ada warga yang kerasukan di area wisata batu belimbing. Acara ritual adat ini juga merupakan salah satu warisan budaya yang kaya dan unik.

“Pemangku Ketua adat Nyarungkop “Madu Kusuma memimpin ritual adat yang disebut ritual adat Basasoh (Mencuci) tempat wisata dengan melakukan ritual adat, agar terlepas dari wabah roh roh jahat, agar tidak merasuki tubuh manusia/warga sekitar dan pengunjung wisata batu belimbing. Ritual adat ini memiliki makna simbolis dalam membersihkan dan menyucikan budaya serta menerima berkah yang mengalir melalui ritual adat yang dilaksanakan. Kamis, 4/Januari/2024.

Acara ritual adat tersebut dihadiri Ketua Binuo Garantukng Sakawokng, Ketua adat Nyarungkop, Ketua Pokdarwis batu belimbing, Sekjen beserta pengurus Kebinuaan, Ketua RT setempat, dan warga sekitar yang terdampak.

Acara ritual adat berjalan lancar dan Aman.

(Hepni JK)

Baca Juga :  Gusti Hendra: Menghapus Stigma Negatif Lewat Seni, Gerakan Seni Budaya Di Kawasan Beting

Comment