Pemkab Beltim Upayakan Peningkatan Capaian Nilai Maturitas SPIP

MediaSuaraMabes, Beltim – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) menargetkan tingkat kematangan (Maturitas) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada tahun 2024 meraih level 3 (terdefinisi) dimana sebelumnya berada di level 2 (berkembang). Mengingat skor SPIP Beltim pada tahun 2023 sudah berada pada angka 2,818, potensi menuju ke level 3 sangat besar.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Beltim melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim Mathur Noviansyah saat pembukaan Sosialisasi dan Penandatanganan Komitmen Bersama Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan di Auditorium Zahari MZ, Rabu (21/02/2024). Sosialisasi menghadirkan narasumber Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Faeshol Cahyo Nugroho.

Mathur mengungkapkan untuk meningkatkan capaian tata kelola pemerintahan itu ada indikatornya salah satunya adalah maturitas SPIP.

“Kita targetkan tahun ini bisa mencapai level 3 atau lebih, mengimbangi status laporan keuangan kita yang WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Jadi WTP harus diimbangi dengan SPIP yang juga secara skor masuk dalam kategori baik atau sangat baik di level 3,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam rangka mengejar target maturitas SPIP tersebut, seluruh Perangkat Daerah harus berkomitmen dan bekerja sama tidak hanya Inspektorat.

Komitmen ini ditandai dengan penandatangan komitmen. Karena itu, seluruh Perangkat Daerah harus melaksanakan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya terkait dengan tata kelola pemerintahan salah satunya berkaitan dengan penyusunan manajemen resiko.

“Jadi seluruh OPD harus segera melaksanakan penyusunan dokumen manajemen resiko dan risk register karena itu merupakan bagian dari maturitas SPIP, dan nanti akan kita monitoring,” pungkasnya.(ramli).

Baca Juga :  Bupati Pesisir Barat Membuka Langsung Audensi Dengan KPPN Lampung Barat

Comment