Komandan Kodim 1202 Singkawang Menghadiri Radiogram Dari Kementerian Dalam Negeri Tentang Rakor Pengendalian Inflasi

MediaSuaraMabes, Singkawang Kalbar – KomandanKodim 1202 Singkawang Letkol Kav I Nyoman Artawan, S. Sos, Pada hari Senin tanggal 30 Januari 2023 pukul 08:00 Wib, bertempat di Ruang TCM Pemkot Singkawang Jl. Firdaus H.Rais I Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, telah dilaksanakan kegiatan radiogram dari Kementerian Dalam Negeri tentang Rakor Pengendalian Inflasi

Arahan Menteri dalam negri M. Tito Karnavian sebagai berikut :
Kepada seluruh peserta rakor agar tidak pernah bosan dalam mengikuti rapat koordinasi tentang Pengendalian Inflasi Daerah. Karena memang tantangan ekonomi dan inflasi menjadi permasalahan-permasalahan global.

terkait dengan perkembangan inflasi sepanjang Tahun 2022, diharapkan para peserta rakor dapat memahami sebab-sebab Inflasi dan bagaimana cara mengantisipasinya, yang kemudian akan menjadi catatan Pemerintah Daerah dalam menghadapi Inflasi Tahun 2023.

Ada 4 hal yang berpengaruh dalam inflasi daerah tahun 2022, antara lain :
Terkait dengan pemulihan pasca pandemi Covid-19, yang menyebabkan gangguan supply dapat menyebabkan kenaikan harga komoditas.

Konflik Geopolitik yang menyebabkan terganggunya rangkaian pasokan terutama untuk pasokan pangan dan pasokan energi, ditambah juga dengan adanya inflasi di beberapa Negara pengasil energi yang cukup tinggi.
Di berbagai Negara di dunia sudah melakukan pengetatan keuangan dengan meningkatkan tingkat suku bunga yang dapat memicu capital outflow dari berbagai Negara berkembang.Melihat peristiwa penting secara global seperti perang antara Rusia – Ukraina dan pemulihan pasca pandemi COVID-19. Hal ini menyebabkan kenaikan harga pada energi dan makanan, juga beberapa komoditas metal dan mineral.

Kebijakan pengendalian Inflasi daerah oleh Pemerintah Daerah harus dilakukan dengan cara kerjasama atau berkaloborasi yang kuat antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, tidak lupa untuk melaksanakan evaluasi setiap hari senin untuk melihat perkembangan target pengendalian inflasi di seluruh Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota), ” Katanya, ”

Baca Juga :  Danlanud Adi Soemarmo Buka Pendidikan Setukba TNI AU Angkatan ke-39

Arahan Kabais Letnan Jenderal TNI Rudianto, C.S.F.A. sebagai berikut :
Langkah konkret pengendalian inflasi berpedoman pada tim pengendali infasi nasional dan memerintankan selurun satuan jajaran untuk koordinasi dengan pemda dan atifkan tim pengendali inflasi daerah (TPID) antara lain

Mendorong realisasi anggaran TNI serta APBD secara tepat waktu guna menggerakkan ekonomi lokal, Menggerakkan April untuk turun ke pasar dan yakinkan bilitas warga komoditas.
Membantu mencegah praktik penimbunan barang.
Pemanfaatan lahan tidur untuk perkebunan dan pertanian guna membangun ketahanan pangan.
Membantu pengawasan kelangkaan pasukan barang.
Bantuan transportasi dalam distribusi barang.
Yakinkan dana desa dan BLT diterima serta tempat sasaran,Melaksanakan TMMD,Bersama Pemda dan stakeholder lainnya melaksanakan operasi pasar.
Yakinkan ketersediaan stok beras di bulog daerah, “jelasnya.”

Turut hadir pada kegiatan : Asisten perekonomian dan pembangunan Sutiarno, S.Sos, M.Si, Ketua DPRD kota Singkawang Bpk Sujianto, Kajari Kota Singkawang Bpk Edwin Kalampangan, SH, Dandim 1202/Skw Letkol Kav I Nyoman Artawan S.Sos,Wakapolres Singkawang Kompol Raden Real Mahendra SH SIK, Dinas sosial Penanganan Kemiskinan Widi Okta Prasetya S.Sos,Ka BPS Kota Singkawang Suminar K, Statistisi pertama BPS Irene Jessica I.P

Hepni JK

Comment