Dinas Pertanian Boalemo salurkan Bantuan Bibit Jagung, dan Hewan Ternak Kepada Masyarakat Tani

SuaraMabes, Gorontalo – Masyarakat boalemo khususnya petani dapat bantuan benih jagung dan kedelai dari pemerintah melalui dinas pertanian kabupaten Boalemo. Penyaluran bantuan pada masyarakat tani,ini adalah program dari pusat dan provinsi yang di salurkan melalui dinas pertanian kabupaten Boalemo.

Kepala dinas pertanian kabupaten Boalemo Roslina Karim Sp di temui di ruang kerja menjelaskan, bahwa masyarakat tani di Kabupaten Boalemo hampir semua menerima bantuan benih jagung.

“Terkecuali masyarakat tani yang tidak mau menanam jagung dan kedelai,itu yang tidak menerima bantuan dari dinas pertanian, karena program dari dinas pertanian hanya tanaman berupa jagung dan kedelai yaitu tanaman tumpang sari,” jelas Roslina, Jum’at (16/7/2021).

Roslina menambahkan, dinas pertanian kabupaten Boalemo ada program yg sudah disalurkan pada masyarakat tani,yakni memberikan bantuan berupa tanaman perti dan tanaman omnas. “Alhamndulillah tanaman ini sekarang sudah di panen oleh petani,” tuturnya.

Ada juga bantuan pada masyarakat tani melalui pokok pikiran berupa bantuan ayam buras yang berumur 1 bulan, dari dinas pertanian memberikan bibit ayam yang sudah memadai demi untuk mensejahterakan masyarakat tani Boalemo.

Bantuan ayam buras di bagikan pada petani yang memenuhi sarat untuk mendapatkan bantuan terutama masyarakat ekonomi lemah, dan masyarakat tani mendapat bantuan ayam buras dengan sarat membuat kolompok tani dan menyiapkan kandang, petani dapat bantuan ayam buras ada 25 kelompok.

“Setiap satu kelompok menerima 40 ekor ayam di sertai bawaan pakan, allhamndulillah ayam yang ada di petani sehat semua sampai sekarang,” ucapnya.

Selain dari bantuan ayam buras yang di programkan dinas pertanian kabupaten Boalemo, Ada juga bantuan dari dinas pertanian provinsi di dampingi dinas pertanian kabupaten Boalemo, untuk menyalurkan bantuan berupa kelapa geza pandang wangi dan kelapa dalam, yang dapat di tanam pada lahan petani berkisar 100 ha, dan bantuan tersebut sudah di ferifikasi dan akan dibagikan pada masyarakat tani di bulan Agustus 2021.

Baca Juga :  Bupati Pesisir Barat Menghadiri Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Peratin Terpilih

Dan ada beberapa bantuan yang sudah di salurkan ke masyarakat tani dan itu adalah program dinas pertanian kabupaten Boalemo itu dendiri yaitu, berupa bantuan sapi, kambing, dan mesin penetas telur bebek, demi untuk meningkatkan ekonomi masarakat tani yang ada di kabupaten Boalemo.

“Dan sudah di serahkan pada petani, bantuan ini mudah mudahan dapat memberikan manfaat bagi masyrakat tani yang menerimanya,” ungkap Roslina.

Dalam hal bantuan yang sudah di terima masyarakat tani kabupaten Boalemo, Roslina Karim sangat mengharapkan para petani yang sudah menerima bantuan agar dapat memanfaatkan dengan baik demi untuk kesejahteraan Patani dan keluarga. (Hamid M)

Comment