Dandrem 173 / PVB pimpin upaca peresmian saka wira kartika ta 2024

MediaSuaraMabes, Nabire ~ Upacara pembukaan Perkemahan sabtu-minggu (PERSAMI) Saka Wira Kartika yang di pimpin langsung oleh Komandan korem 173/PVB (Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M) bertempat di lapangan hitam Kodim 1705/Nabire, jln Ahmad Yani, Kelurahan Karang Tumaritis, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah.

Kegiatan Persami ini di laksanakan secara serentak dan tersebar di masing masing wilayah dari sabang sampai merauke dan di buka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad). Dalam pembukaan persami juga dihadiri oleh Kolonel Kav M.S. Prawira Negara, SE.,MM (Kasiter Kasrem 173/PVB), Kolonel (Mar) Totok Nurcahyanto (LO Kabinda Papua Tengah), Letkol Inf Doni Firmansah, M. Han (DandimTs 1705/Nabire), AKBP Wahyudi Satrio Bintoro, S. H., S. I. ., M. Si, (Kapolres Nabire), Ukkas, S.Sos (Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakat, SDM dan Pengembangan Otsus Provinsi Papua Tengah), Ismail Jamaludin (Wakil Bupati Kabupaten Nabire), Kapten Inf Adrian (Dankima Yonif 753/AVT), AKP Alex Atihuta S.H (Danki 3 Yon C Pelopor Nabire),Viktor Fun (Plh. Kapala dinas kebakaran dan PPB dan Satpol-PP Papua tengah), Yopi (Sekretaris Kwarcab Saka Wira Kartika),Yasor Viktor Sawo SP,MSi (Kepala dinas ketahanan pangan Kabupaten Nabire),Tri Joko Lala Buana (Danpos SAR Nabire),Neno Tabuni (Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Tengah), dan seluruh peserta Persami Pramuka Saka Wira Kartika.

Dalam sambutan Kasad yang di bacakan oleh Danrem 173/PVB yang berisi, Selaku Pembina Saka Wira Kartika Tingkat Nasional, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan hari ini sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluru lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota Pramuka.

Baca Juga :  YONIF 9 MAR/BERUANG HITAM RAIH JUARA SATU BEREGU BAREBOW DALAM AJANG RR ARCHERY OPEN 2021

TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat. Sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Terselenggaranya kegiatan Persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global.

Selaras dengan tema kegiatan ini yaitu “Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Makna dari tema ini pun harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”. Sebelum mengakhiri Amanat ini, saya berpesan kepada adik-adik sekalian agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Ilmu yang nantinya didapatkan agar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan harapan akan menjadikan generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar, tutup Danrem.

Kegiatan pembukaan Persami Saka Wira Kartika selesai dilanjutkan penanaman pohon secara simbolis oleh Danrem 173/PVB beserta tamu undangan di Taman Para Duta Nabire.

( TN  )

Comment