by

Bupati Nina Agustina Kunjungi Irigasi Jelang Tanam Gadu

MediaSuaraMabes, Indramayu – Irigasi merupakan faktor penunjang penting dalam meningkatkan produksi pertanian terutama produk pangan.Terlebih lagi, Kabupaten Indramayu tercatat sebagai daerah lumbung padi nasional.

Hal itu ditegaskan Bupati Indramayu, Nina Agustina, saat meninjau kondisi irigasi teknis di Desa Mundu Blok Sempat, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu, Rabu, (26/5/2021) kemarin.

“Saya mengecek langsung ke lapangan terkait beberapa saluran irigasi di Indramayu, menjelang musim tanam gadu ini di Desa Mundu,” kata Nina disela – sela kunjungan.

Menurutnya, diskusi tentang kelembagaan air, irigasi teknis menjadi hal penting dalam manajemen air irigasi terutama dalam kondisi infrastruktur jaringan dan berkurangnya sumber-sumber air irigasi di musim kemarau.

Karena, kata Nina, menghadapi persoalan irigasi tersebut diperlukan penegasan kepada masyarakat terkait pentingnya saluran air. Karena sesungguhnya bicara tentang irigasi teknis bukan hanya
untuk mengairi sawah, tetapi juga sebagai antisipasi dari rawannya banjir yang sering melanda Kabupaten Indramayu.

“Saya berharap pemerintah daerah Indramayu dan juga masyarakat bisa berkolaborasi dalam menjaga kegunaan dan fungsi dari irigasi dengan baik,” tuturnya.

Nina berharap, dengan adanya irigasi yang memadai, diharapkan terciptanya lingkungan yang saling mendukung bagi kehidupan keseharian.

Menanggapi keluhan petani diwilayah tersebut, pihaknya akan melakukan normalisasi saluran irigasi agar tercipta kondisi infrastruktur pertanian yang memadai, sehingga suplai kebutuhan air untuk proses tanam gadu dapat berjalan sesuai harapan.

Comment

News Feed