Hari Menanam Pohon Indonesia

MediaSuaraMabes, Jakarta – Pohon adalah sebuah anugerah dari Tuhan yang maha kuasa yang diturunkan untuk seluruh ciptaannya. Mungkin dunia ini akan terasa panas, gersang dan gerah jika tidak ada pepohonan. Pohon mempunyai banyak manfaat untuk makhluk hidup khususnya bagi manusia.

Berbicara tentang menanam pohon,Sebagaimana yang penulis kemukakan melalui media ini pada edisi 9 Januari 2024 dibawah judul “Hari Gerakan Sejuta Pohon 10 Januari”.

Dilansir situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Keputusan yang ditandatangani Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, memutuskan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Selain itu, dalam surat keputusan tersebut disepakati Bulan Menanam Nasional (BMN) pada bulan Desember.

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) berawal pada tanggal 28 November 2007, di mana dilaksanakan Aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharaan Pohon di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini juga menjadi awal pergerakan Bulan Menanam Nasional pada bulan Desember 2007.

Semenjak saat itu, Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional menjadi kegiatan rutin setiap tahun sebagai pencegahan dari kerusakan lingkungan.

Karena pohon berfungsi untuk mengatur dan menyerap jalannya air melalui tanah. Pohon menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan adanya pepohonan lingkungan menjadi nyaman serta rindang dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan.

Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat. Maka dari itu, kita harus menjaga tumbuh-tumbuhan serta pepohonan yang ada di sekitar kita dengan tidak menebang pohon-pohon yang berada di hutan dengan sembarangan, serta pembalakan liar mari kita jaga hutan kita untuk generasi yang akan datang.

Baca Juga :  Pemuda Almukmin dan Remas Ambon Gelar FGD Dihadiri Mantan Napiter Maluku

Tepat di Bulan November tanggal 28 adalah “Hari Menanam Pohon Indonesia”, Tujuan Hari Menanam Pohon Indonesia adalah untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan untuk memperbaiki, merehabilitasi dan merestorasi hutan dan lahan di seluruh Indonesia.

Mari sukseskan Hari Menanam Pohon Indonesia dengan sistem reboisasi, yang berguna untuk menjaga kelestarian tanaman dan pohon. Namun, saat ini ada banyak hutan kehilangan pohon akibat penebangan liar yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, Anda dapat memulai menanam pohon di lingkungan sekitar rumah yang tentunya akan banyak manfaatnya dengan menanam berbagai jenis pohon buah buahan serta menerapkan sistem reboisasi dengan melibatkan komunitas pecinta alam, yaitu menanam kembali hutan-hutan yang telah gundul. Cara ini memang menjadi solusi terbaik untuk menjaga agar rantai ekosistem planet tercinta ini, tidak terputus.

Tujuan Hari Menanam Pohon Indonesia HMPI dan Bulan Menanam Nasional dijadikan sebagai momentum untuk mengajak masyarakat agar semakin mencintai lingkungan. Adapun tujuan lain dari Hari Menanam Pohon Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Upaya mengantisipasi perubahan iklim global
2. Mencegah degradasi (menurunnya daya dukung lingkungan)
3. Mencegah deforestasi (peristiwa hilangnya hutan alam beserta dengan atributnya yang diakibatkan oleh penebangan hutan)
4. Mencegah kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan

Manfaat menanam pohon juga penting untuk menjaga kelestarian hidup hewan dan tumbuhan. Berkat pohon, ketersediaan sumber makanan bagi hewan dapat terus berlangsung dengan baik. Mulai dari buah-buahan segar hingga berbagai sayuran yang juga bisa dikonsumsi oleh manusia, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin.

Baca Juga :  Januardi ( Bang De ) Pimpin Acara Pelantikan Pengurus DPD POM (Persatuan Orang Melayu) Singkawang Selatan

Itulah beberapa manfaat pohon bagi kehidupan dan cara melestarikannya. Menjaga kelestarian pohon merupakan salah satu investasi terbaik yang dapat anda lakukan untuk menjamin masa depan cerah bagi seisi bumi. Anda juga dapat memberikan dukungan atau sumbangsih melalui peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, salah satunya dengan mengenalkan dan menyebarkan manfaat menanam pohon ini kepada masyarakat luas terutama kepada generasi muda sekarang dan melatih anak anak sejak dini dengan mencintai lingkungan dan alam semesta yang kita tinggali yaitu bumi tercinta ini.

Dilansir dari situs Kabupaten Asahan, Gerakan SeJuta Pohon pertama kali dicetuskan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 Januari 1993 di Jakarta. Presiden Soeharto melalui pidatonya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut melakukan Gerakan Satu Juta Pohon yaitu menanam pohon sampai melampaui satu juta di setiap provinsi. Hingga kini, setiap tanggal 10 Januari diperingati sebagai Hari Gerakan Satu Juta Pohon (detik.news)

Gerakan menanam pohon pada Hari Gerakan Sejuta Pohon diharapkan dapat mengatasi permasalahan pemanasan global. Hal ini dikarenakan sinar atau cahaya matahari akan banyak diserap oleh pohon melalui sistem fotosintesi.(Ring-o)

Comment